Talk Show and Media Exhibit’s of 2023

Posted on

Mereka mungkin bisa lupa apa yang anda katakan, tapi mereka takkan pernah melupakan

perasaan yang anda timbulkan dalam hati mereka”

 

Kutipan tersebut merupakan sebuah kalimat yang berada di lembar buku “Profesi pendidik dan tenaga pendidik” karya Amiruddin, M.Pd (Ed). Kalimat tersebut seolah membuktikan bahwa seseorang yang berprofesi sebagai pendidik atau tenaga pendidik harus memiliki pedoman sikap yang bermartabat, dan terhormat. Hal tersebut dikarenakan apapun etika dan perilaku yang kita tampilkan didepan masyarakat akan berdampak pada keberlangsungan hidup seseorang.

 

Sebagai seorang calon tenaga pendidik tentu mahasiswa pendidikan kimia akan diberikan pondasi dalam pembentukan tingkah laku dan kepribadian yang dimiliki. Melalui mata kuliah Profesi Pendidikan dan Tenaga Pendidik yang berkolaborasi dengan mata kuliah Media dan Sumber Pembelajaran seluruh mahasiswa pendidikan kimia 2021 yang mengampu mata kuliah tersebut mengadakan sebuah event talkshow serta pameran media pembelajaran yang telah dibuat dengan tema kegiatan, yaitu: “ChemFest: Exploring Creative, Innovative, Interactive, and Productive Education”

 

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Selasa, 20 Juni 2023 dan dibimbing oleh Ibu Dr. Lusiani Dewi Assaat, S.Pd., M.Si. selaku dosen pengampu kedua matakuliah tersebut serta dihadiri oleh beberapa pemateri dan tamu undangan sebagai berikut;

 

  1. Saparudin, M.Pd.

Selaku narasumber yang menjelaskan tentang Tugas pokok, kualifikasi, dan kompetensi seorang pengawas

  1. M. Alfian Pratama, S.Pd.

Selaku narasumber yang menjelaskan tentang Fungsi dan urgensi dari seorang Laboran

  1. Alfiandy Warih Handoyo, S. Psi, M. Pd.

Selaku narasumber yang menjelaskan tentang Tugas Pokok, kualifikasi, dan kompetensi seorang konselor

  1. Ahmad Najiullah, S. IP.

Selaku tamu undangan yang berprofesi sebagai Pustakawan

  1. Utori,S.Pd. MM.

Selaku tamu undangan yang berprofesi sebagai kepala sekolah

  1. Nia Resti Aprilia, S.E.

Selaku tamu undangan yang berprofesi sebagai tenaga administrasi

  1. Dede Hendrayani S.Pd., M.Pd.

Selaku tamu undangan yang berprofesi sebagai guru

 

Selain memberikan bekal pondasi pembentukan karakter melalui event talkshow, kegiatan ini juga melakukan sebuah pameran media pembelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai macam media pembelajaran yang telah dibuat oleh mahasiswa pendidikan kimia 2021, dengan mengenal media pembelajaran yang telah dibuat diharapkan pameran ini dapat  bermanfaat dalam memotivasi pengunjung terutama tenaga pendidik dalam memperoleh sumber informasi serta ide penciptaan media pembelajaran yang efektif, efisien. Dalam pameran ini terdapat 8 karya media pembelajaran yang telah dibuat, diantaranya :

 

  1. Utangkur Kemia

Media pembelajaran berbasis permainan ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam pengukuran dalam kerja ilmiah bagi siswa kelas 10 Kurikulum Merdeka dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

 

  1. Sirkus ( Siklus Kehidupan Virus)

Sirkus merupakan media pembelajaran bagi siswa-siswi kelas 10 dalam kurikulum merdeka dengan konsep puzzle dimana siswa dan siswi diharapkan mampu menentukan dan melengkapi siklus kehidupan yang terjadi pada virus dengan disertai penjelasan tiap tiap fase nya.

 

  1. DASI MERAH (viDeo Animasi untuk MEndukung pembelajaRAn kimia Hijau)

 

DASI MERAH adalah media pembelajaran yang menggunakan video sebagai medianya, dimana video tersebut berisi fenomena-fenomena atau kejadian seperti kerusakan dan pencemaran lingkungan sebagai dampak dari perbuatan manusia yang tidak mengikuti prinsip-prinsip kimia hijau. Di akhir video tersebut terdapat latihan soal dimana siswa harus menganalisis beberapa fenomena yang terjadi dalam video tersebut yang dikaitkan dengan prinsip kimia hijau, dan siswa juga diminta memberikan berbagai solusi untuk mengatasi fenomena atau kejadian yang terjadi

 

  1. HuDaKiSeTa (Hukum Dasar Kimia Disekitar Kita)

Media ini merupakan media yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari penyajian materi yang telah disampaikan. Media ini dibuat seperti tiga dimensi dan didesain dengan unik agar dapat menarik peserta didik dalam belajar, seperti diberikan gambar-gambar yang lucu dan warna media yang cerah. Media HuDaKiSeTa ini berupa kotak yang berisikan alat dan bahan praktikum yang berkaitan dengan materi “Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita”.

 

Media ini dibuat seperti labkit (satu kotak besar) dimana akan dibagi menjadi lima kotak kecil yang memuat lima proses praktikum, seperti proses pembakaran, pembusukan, pengkaratan, pengendapan, dan fermentasi anaerob. Alat dan bahan praktikum yang digunakan dalam media ini merupakan alat dan bahan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu pada media ini siswa akan menjawab pertanyaan evaluasi mengenai praktikum yang telah dilakukan. Untuk pertanyaan yang diberikan disesuaikan dengan praktikum yang

telah dilakukan.

 

  1. AlgatomBhor (Alat peraga atom Bohr)

Algatombohr merupakan media pembelajaran berbasis game yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami materi konfigurasi elektron pada model atom Bohr. Dalam penggunaannya, disediakan pertanyaan pertanyaan mengenai konfigurasi elektron dalam bentuk soal cerita HOTS yang akan diselesaikan oleh siswa. Media pembelajaran ini bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar, meningkatkan konsentrasi siswa dan tidak membosankan karena siswa belajar tidak hanya secara teori saja.

 

  1. Pelita Angin

Media pembelajaran PeLiTa Angin terinspirasi dari salah satu video yang berada dalam aplikasi Youtube. Sumber energi pada rancangan ini adalah energi angin, merupakan sumber energi yang memanfaatkan angin untuk memutar kincir angin sehingga dihasilkan energi listrik. Energi listrik merupakan muatan listrik yang memiliki medan listrik, kemudian muatan listrik lainnya dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain dalam pengaruh medan listrik, maka muatan listriknya akan memiliki energi. Adapun sistem arus listrik rancangan ini yaitu, angin yang dihasilkan dari kipas mendorong listrik ke kapasitor yang berperan sebagai tempat penyimpanan energi sementara, kemudian dialirkan arus listrik tersebut ke lampu, sehingga lampu bisa menyala. Intensitas cahaya yang dihasilkan sesuai dengan seberapa kencang angin yang diberikan. Jadi semakin kencang angin yang diberikan, maka semakin terang cahaya lampu yang dipancarkan.

 

  1. Koin Madu (Kotak Interaksi Makhluk Hidup)

Kotak interaksi makhluk hidup ini merupakan media pembelajaran tiga dimensi yang berisi beberapa komponen ekosistem yaitu predasi, kompetisi, netral, simbiosis, antibiosis. Cara penggunaannya yaitu para siswa diarahkan untuk mengelompokan berdasarkan jenis interaksi makhluk hidup. Kotak interaksi makhluk hidup ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami interaksi makhluk hidup. Media pembelajaran ini bermanfaat dalam meningkatkan semangat belajar serta meningkatkan konsentrasi karena siswa diajak untuk belajar sambil bermain.

 

  1. S.O.S Planet : Save Earth From Global Warming

Media pembelajaran yang membantu pendidik untuk mendemonstrasikan salah satu dampak pemanasan global khususnya efek rumah kaca terhadap mencairnya gunung es (gletser) di wilayah kutub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *