Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Untirta Sukses Mengundang 10 Profesi dalam Acara Talkshow Profesi dan Pameran Media Pembelajaran tahun 2023

Posted on

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Angkatan 2022 mengadakan Talkshow Profesi dan Pameran Media Pembelajaran tahun 2023 di Gedung CC FKIP Untirta Ciwaru Kota Serang Banten pada 28 Desember 2023 dengan bertemakan “Eksplorasi Karier dan Kreativitas dalam Media Pembelajaran Digital (EKSTRAKSI PADAT)”.

Ketua Pelaksana, Ricky Reynaldi, melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan oleh 62 Panitia Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Angkatan 2022. Ricky juga menjelaskan bahwa telah mengundang 10 orang dari berbagai profesi yang diharapkan akan menjadi motivasi dan inspirasi untuk mahasiswa, serta berbagi pengalamannya untuk pendidikan dan karier dimasa depan.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur dan bangga dapat melaksanakan Talkshow Profesi dan Pameran Media Pembelajaran hari ini dengan Panitia sebanyak 62 orang, beserta 10 profesi yang telah kami undang yang akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi kami mahasiswa. Kami sangat berharap dapat belajar dari pengalaman dan pandangan mereka untuk membantu kami membentuk visi dan misi dalam menjalani perjalanan pendidikan dan karier di masa depan” tuturnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Etika Profesi dan Media Pembelajaran, Dr. Lussiani Dewi Assaat, S.Pd.,M.Si. Ia menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan puncaknya dari Mata Kuliah Etika Profesi dan Media Pembelajaran yang telah diampu dan dibuatkan medianya. Lusi juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan besar ini berhasil dilaksanakan dengan luar biasa mendatangkan 10 profesi dan itu tidaklah mudah apalagi dilakukan oleh Mahasiswa Semester 3. Kemudian, Mahasiswa juga menerapkan etika ketika bersosialisai atau berinteraksi dengan ke-10 profesi tersebut dan memamerkan hasil media yang telah dibuat sebagai output dari kedua Mata Kuliah ini.

“ini merupakan acara besar dari kedua mata kuliah kami yaitu Etika Profesi dan Media Pembelajaran, di mata kuliah ini merupakan hak pameran dari media-media yang telah dibuat oleh mahasiswa kita, mahasiswa semester 3 Jurusan Pendidikan Kimia  dan juga Mahasiswa kita mengundang 10 profesi yang beririsan dengan kelimuan kita di pendidikan Kimia. Kegiatan ini sangat luar biasa, kami mengapresiasi segala bentuk apa yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan pendidikan kimia semester 3 ini, meskipun masih semester 3 sudah berhasil melaksanakn kegiatan sebesar ini luar biasa dan bisa mengundang 10 narasumber dari 10 profesi itu tidaklah mudah juga mereka mengaplikasikan bagaimana menerapkan etika ketika bersosialisasi atau berinteraksi dengan ke-10 profesi tersebut” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, talkshow profesi mengundang 9 profesi yang menjadi Narasumber dan Pemateri. 9 profesi tersebut diantaranya :

  1. Mutmainah, S.Pd sebagai Narasumber Kepala Sekolah
  2. Wahyu Fatihah, S.Pd., M. Pd sebagai Narasumber Rnd
  3. Muhammad Alfian Pratama, S. Pd sebagai Narasumber Laboran
  4. Safitri Mukti Rahayu, S. Pd sebagai Narasumber Analisis Laboratorium
  5. Meilla Dwi Nurmala, S. psi., M. Pd sebagai Narasumber Konselor
  6. Nurbadriyah, M.Pd sebagai Narasumber Pengawas
  7. Nia Resti Aprilia, S. E sebagai Narasumber Tenaga Administrasi
  8. Ahmad Najiullah, S. IP sebagai Narasumber Pustakawan
  9. Atma sebagai Narasumber QC

Dari 9 Profesi yang diundang, semuanya hadir dalam kegiatan ini. Talkhsow Profesi dilakukan dengan diskusi interaktif antar narasumber dengan moderator maupun peserta. Selain itu, kegiatan ini juga menggelar pameran media pembelajaran di halaman gedung CC FKIP Untirta. Media-media tersebut hasil kreasi Mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia Semester 3, terdapat 10 media yang dipamerkan dalam kegiatan ini yang disusun secara kreatif dan menarik.

Kegiatan ini sangat meriah yang dihadiri oleh mahasiswa aktif Untirta maupun alumni Jurusan Pendidikan Kimia, Duta Jurusan Pendidikan kimia, Dosen, dan Para pengunjung pameran dari berbagai kalangan.

Yoga merupakan salah satu Alumni Jurusan Pendidikan Kimia sangat kagum dengan Pameran Media Pembelajaran yang diadakan dan berpendapat bahwa acara ini keren dan luar biasa hasil dari kreativitasnya dapat dipamerkan dan diperlihatkan kepada khalayak umum

“Pameran ini keren banget, dulu di zaman aku kuliah belum ada yang seperti ini, selain itu media yang kalian bikin kreatif dan unik-unik dari berbagai materi kimia yang disajikan. Tentunya ini juga sebagai penunjang kalian para calon pendidik bagaimana membuat media pembelajaran yang dapat memudahkan siswanya memahami materi” tuturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *